Percepatan Pelayanan Polri Melalui RUMAH POLISI

Keberhasilan Polri sebagai pelindung pengayom dan pelayan masyarakat dalam penegakan hukum serta memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat guna mewujudkan keamanan nasional akan dijadikan sebagai modal awal dalam membangun keikutsertaan masyarakat sebagai mitra Polri.

Masalah penegakan hukum, memelihara keamanan dan keteriban masyarakat itu adalah merupakan suatu permasalahan yang sangat kompleks, yang meliputi berbagai macam persoalan, baik idiologi, pollitik, ekonomi, sosial budaya, pertahanan dan keamanan, kejahatan dan pelanggaran hukum itu dapat terjadi kapan dan dimana saja dan dalam arti tidak terbatas oleh waktu maupun tempatnya hal inilah yang merupakan tantangan Polri.

Dalam menghadapi tantangan tersebut Polres Parepare membuat suatu terobosan dengan memberdayakan anggota Polri yang tinggal diluar Asrama dengan menjadikan rumah mereka sebagai tempat pelayanan masyarakat yang membutuhkan pelayan Polri dalam memecahkan persoalan kamtibmas yang dihadapi tanpa mengabaikan norma hukum yang berlaku dan di rumah mereka diberi tanda pengenal berupa Papan Nama yang bertuliskan  ”RUMAH POLISI  ONROATTA SIPAKAINGE”  yang berarti Rumah dijadikan sebagai sarana layanan informasi, tempat pertemuan untuk membahas permasalahan – permasalahan yang dihadapi utamanya permasalahan kamtibmas dan mencari solusi / jalan keluar dari permasalahan tersebut  sehingga keamanan dan ketertiban masyarakat dapat diwujudkan dalam kehidupan sehari – hari.

MAKSUD DAN TUJUAN

a.            Maksud

Maksud dibentuknya Rumah Polisi,  agar Polri yang ditunjuk dapat membuka diri (dengan Papan nama) sehingga kamtibmas dapat diwujudkan dilingkungan terkecil di tingkat RT dan RW dimana mereka bertempat

b.       Tujuan

Untuk menjamin terpeliharanya rasa aman, tertib dan tentram dalam masyarakat, Polisi dan warga masyarakat mengalang kemitraan untuk memelihara dan menumbuh kembangkan pengelolaan keamanan dan ketertiban lingkungan. Kemitraan ini dilandasi norma – norma sosial dan atau kesepakatan – kesepakatan lokal dengan tetap mengindahkan peraturan – peraturan hukum nasional yang berlaku dan menjunjung tinggi perinsip – prinsip hak asasi manusia dan kebebasan individu yang bertanggung jawab dalam kehidupan masyarakat yang demokratis.

Dengan adanya Rumah Polisi, diharapkan peran dan fungsi anggota Polri yang bertempat tinggal diluar asrama dapat secara optimal melayani masyarakat selama 1 X 24 jam.

Dengan kata lain lebih mendekatkan diri antara Polri dengan masyarakat, sehingga pemahaman terhadap tugas, peranan dan fungsi Polri, masalah hukum, masalah sosial, informasi dari masyarakat dapat terjaling dengan baik apalagi dengan hadirnya rumah Polisi sebagai sarana komunikasi antara Polisi dengan masyarakat.

TUGAS, FUNGSI DAN PERANAN RUMAH POLISI

Dalam Undang – undang no. 2 tahun 2002 tugas pokok Polri adalah :

a.       Memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat.

b.       Memberikan perlindungan, pengayoman dan pelayanan kepada masyarakat

c.       Penegakan hukum.

Dari tugas Pokok tersebut dikaitkan dengan tugas fungsi dan peranan rumah Polisi maka tugas Rumah Polisi adalah sebagai berikut :

a.       Fungsi dan peranan Rumah Polisi

1)       Membantu masyarakat disekitar lingkungan tempat tinggal terhadap  permasalahan sosial yang timbul.

2)       Membantu masyarakat yang membutuhkan pertolongan saat melintasi Rumah Polisi ( Onroatta Sipakainge ).

3)       Memberikan informasi / hal – hal yang baru, serta cara – cara pencegahan kepada masyarakat.

4)       Mengaktifkan dan menimbulkan kesadaran masyarakat akan pentingnya kamtibmas yang diawali dari lingkungan terkecil melalui Pos Kamling.

5)       Membutuhkan peran aktif masyarakat sebagai “ Polisi “ dilingkungannya.

6)       Memberikan solusi terhadap permasalahan yang di alami masyarakat baik permasalahan dilingkungan Polisi / sosial dan pelanggaran hukum.

7)       Mengadakan koordinasi dengan RT, RW, Kepala Lingkungan dan Camat, untuk menciptakan situasi kamtibmas dilingkungannya.

8)       Sebagai sarana layanan informasi.

9)       Menjembatani kebutuhan masyarakat yang berkaitan dengan pengurusan pelayanan Polisi maupun Instansi lain.

b.       Petugas

Petugas adalah anggota Polri yang ditunjuk dengan pertimbangan, mempunyai kemampuan pengatahuan Kepolisian  dan mampu menyelesaikan masalah sosial yang dihadapi masyarakat.

KEWAJIBAN RUMAH POLISI

a.       Menerima pengaduan masyarakat dan mencatat dalam buku mutasi.

b.       Memberikan solusi / jalan keluar terhadap permasalahan yang dihadapi masyarakat tanpa mengabaikan hukum / perundang – undangan yang berlaku.

c.       Melaporkan segala kegiatan kepada Satuan Atas ( Polres / Binmas ).

d.       Memberikan petunjuk berdasarkan buku pintar / buku panduan kepada masyarakat sesuai keperluannya untuk pengurusan surat – surat

Pada Polres Parepare telah membuat Rumah Polisi Pada setiap RW di seluruh kelurahan yang ada pada Polres Parepare. Semoga dengan adanya Rumah Polisi ini dapat memberikan rasa aman dan tentram dalam masyarakat.

 

dipostkan oleh Briptu Ardy cs

About bagrenpolrespare

POLRES PAREPARE
This entry was posted in info. Bookmark the permalink.

One Response to Percepatan Pelayanan Polri Melalui RUMAH POLISI

  1. luke says:

    makasi infonya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s